PENGALAMAN PERTAMA MENGINAP DI HOTEL BINTANG





Asssalammualaikum wr.wb.


Helo sobar Rahmahnz


Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan juga bahagia. Aamiiin


Mungkin bagi kalian yang sering menginap di hotel, pengalaman gw ini agak norak ya. Hahaha
Tapi ya gimana, namanya juga baru pertama kali. wkwkwk... Pasti norak dan sok wow, melongo dan planga plongo...


Kenapa gw pengen tidur di hotel??? karena eh karena gw pengen digrebek... 
Ya nggak lah.

Masa sih seumur hidup gak pernah sama sekali ke hotel? Apalagi sekarang kan apa-apa gampang. Pesen ini itu tinggal via smartphone.

Sekalian juga pengen ngerayain 5th Wedding Anniversary, ye kan.. Kapan lagi kita kencan di hotel.
Masa udah pasangan halal gak boleh di hotel??? Walaupun begitu tetep sih bareng buntut 2 ekor.


PENCARIAN HOTEL


Karena gak mau jauh-jauh ke luar kota, lagian ulangtahunnya di bulan romantis yang gak ada cuti panjang. Jadilah nyarinya tetep di sekitar Jakarta aja

Waktu itu ada 3 pilihan aplikasi yang direkomendasikan orang-orang. 
Yaitu : 
1. Traveloka
2. Pegi-pegi
3. Agoda

Bukan direkomendasikan sih lebih tepatnya iklan yang masif. 

Jadi setelah membandingkan lebih mudah dan asik kita booking di Agoda.

Kenapa?

Karena kamarnya ada yang lebih murah daripada aplikasi lain. Walaupun minusnya tanpa sarapan.
Selain itu, agoda tuh dah ada dari zaman kapan tau.

Gw waktu itu menjatuhkan pilihan ke Lynt Hotel. Hotel Bintang 3 di kawasan Jakarta Pusat.
Harga perkamarnya kalau gak salah sih 260rb/malam. Gw pilihlah karena deket dengan pusat kota.

Terus kalau dari foto kamarnya sih luas, bagus, dan bersih. Ulasannya juga gak banyak yang positifnya.
Ya walaupun fasilitasnya biasa aja. Gak ada kolam renang, gak ada gym. Hahaha namanya juga hotel bintang 3. 

So... bookinglah gw untuk bulan depan, selama 2 hari 2 malam. Hihiii gak sabar buat nginep di hotel bareng keluarga. Seru banget pasti nih.

Di Agoda sendiri ada beberapa pilihan kamar, pembayaran dan fasilitas dalam hotelnya.
Dalam penawaran satu kamar, harga bisa berbeda-beda.

Harga paling murah tentu kamar tanpa sarapan, biasanya karena murah tidak bisa dibatalkan.
Lalu kamar tanpa sarapan tapi bisa dibatalkan.
Kemudian kamar dengan sarapan dan bisa dibatalkan. 

Untuk pembayarannya, ada yang bisa bayar belakangan, artinya bayar saat check in di hotel tapi booking hari ini.
Atau bisa juga bayar dengan menggunakan kartu kredit dan tanpa kartu kredit.

Nah karena banyak penawarannya, tentu kita bisa memilih mana yang sesuai dengan budget kita. Apa perlu sarapan di hotel, atau bisa mencari sarapan di luar. Biasanya sih harganya bisa berbeda 100-200rb/ kamar.



CHECK IN DI HOTEL


Waktu itu gw booking hotel dari tanggal 22 Februari - 24 Februari, dari hari Sabtu-Senin.
Sehari sebelumnya gw pastiin lagi dengan telpon ke Lynt Hotelnya. Apakah pesenan kamar atas nama gw ada.
Jadi tetep harus dikonfirmasi, ntar jangan-jangan udah pesen eh pihak hotel lupa atau keselesep atau apalah gitu. Pas kita check in bengong dah gak dapet kamar. Rusak kan liburannya.

Pas ditelpon sebutin aja mau konfirmasi pemesanan atas nama kita. Untuk nomer telponnya ya bisa cari di google. Hehehee. Nanti resepsionisnya bakalan bilang oke dicek dulu ya. Set set set kalau dia bilang ada, lalu jangan lupa konfirmasiin kita mau kamar yang gimana, kamar atas, kasur satu apa dua, kamar tanpa asap rokok atau nggak. Ya gitulah bawel dikit. Namanya juga dunia hospitality harus bener-bener diperhatikan kenyamanan pelanggan. Daripada lupa dan kemudian kita menyesal dapat kamar pemandangan tembok.

Biasanya hotel itu check ini setelah jam 1 atau 2 siang. Soalnya ngasih waktu housekeeping buat bersih-bersih kamar tamu yang lagi check out. Kalau kita tiba di hotel sebelum jam tersebut. Biasanya sih dipersilahkan menunggu, bisa juga sekalian nitip koper dan barang-barang yang lain.

Pas gw sampe di hotel, tentu langsung menuju resepsionisnya. Ya ngomong pesanan kamar atas nama gw. Kemudian si mbak-mas yang ramah langsung ngasih formulir buat isi no hp sama ttd, gak lupa juga minta KTP kita buat identitas. Setelah itu, bayar ya kalau kita belum bayar. 

Pas di Lynt Hotel kemarin sih minta deposit sekitar 100 ribu. Jadi nanti dikembalikan kalau kita check out. Kayaknya buat jaga-jaga kalo kunci ilang. Hahaha

Kemudiang langsung disuruh naik lift, kagak dianter sama bellboy. Why?? karena gue cuma bawa tas ransel aja. Jadi mungkin gak dianterin kayak di tipi-tipi. Tapi gak tau juga sih gimana.

Dikuncinya itu sendiri udah ada no kamar beserta password WI-FI. Oke karena bawa krucil jadi langsung aja cuss ke kamar gak pake lama.

Sampai di kamar, ternyata luas sekali sodara-sodara. Bawa anak 6 juga sepertinya masih muat. Heheee. Udah gitu kamar mandinya bersih, tipinya banyak siarannya, ada kulkas mininya.Dikasih 2 botol air mineral, terus ada teh kopi sasetan sama teapot. Elahh pokoknya gw norak dah. ahahahaa

Kamar mandinya sih cuma shower gitu, terus di wastafelnya lengkap. Ya biasa toiletries sama hair dryer. Handuk dikasih dua, cuma kok gak ada keset ya. Ada sih handuk di bawah rak wastafel. Gw sih ngira itu handuk muka. Soalnya kecil banget. Ah daripada becek mending buat lap kaki. wkwkwk maaf deh kalau salah peruntukkan.

Selama 3 harian itu ya isinya cuma jajan di indo ma alfa, terus makan di luar. Terus ***Sensor*** wkwkw. Anak gw yang umur 4 tahun seneng banget nginep di hotel. Lah emak bapaknya juga seneng banget.


SARAPAN DI HOTEL


Jadi pas pertama kali sarapan di hotel itu, kita gak tau apa makanannya dianter ke kamar atau kita kemana. Lalu telpon resepsionis dan bilang kalau sarapannya di restoran di lantai atas. Udah buka, mulai dari jam 6.00-10.00

Cuss deh ke atas.

Ternyata makannya ala prasmanan gitu. Ya kayak kondangan, disuguhin apa aja jadi tinggal ambil.
Pas di Lynt Hotel itu makanannya lengkap.
Ada : Nasi uduk, nasi goreng, sereal, bubur nasi, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, roti panggang, telor. Minumnya ada kopi, teh, es teh, air dingin, air biasa. Dessertnya buah dan kue kecil gitu. 
Ihhhh sumpahh seneng banget ngeliatnya. Hahhaaaa

Enaknya di Lynt Hotel, restorannya rooftop. Jadi sebagaian meja ada yang di luar. Sambil sarapan sambil menikmati pemandangan kota Jakarta yang mendung. 

Hari kedua juga sama... Makanannya juga sama, cuma diganti aja. Kayak bubur kacang hijau diganti bubur mutiara. Terus ada nasi lemang juga.


SAATNYA PULANG


Gak kerasa sih sudah hari senin aja. Rasanya pengen lama-lama di hotel. Biasa tinggal di rumah sempit gak pake ac, gak ada air panas otomatis. Hahahaa. Semoga bisa bangun rumah dengan fasilitas kayak gitu. Aamiin..

Sekitar jam 10.00 gw check out. Setelah menyerahkan kunci ke resepsionis, kemudian mbak-mbaknya mengembalikan uang deposit kemarin. Gak lupa foto sebentar, buat kenang-kenangan.



Kembali lagi deh ke rumah....


Yah itu tadi sedikit pengalaman gw menginap di hotel. Mungkin bagi kalian akan dianggap boros. Tapi gw adalah pemuja ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Masa sih seumur hidup gak pernah ke hotel?
Gak pernah naik haji/umroh? Gak pernah jalan-jalan ke luar negeri? 

Setidaknya sekali dalam seumur hidup gw pernah ke sana, jadi sampai mati gw gak penasaran.

Oke terima kasih ya yang sudah menyimak



Wassalammualaikum wr.wb.



   




rahmahnz

Emak-emak ingin berbagi tips dan cerita

No comments:

Post a Comment