Cita-cita yang terpendam

Assalammualaikum wr. wb.

Peace be upon you



Apa sih cita-cita kalian waktu kecil??

Kalau gw sih simpel, pengen jadi guru. Jadi guru tuh enak, bisa ngasih PR ke murid-muridnya, bisa marah-marahin kalau muridnya bandel. Terus kerjaannya rapat mulu gak perlu belajar. Hahahaaa itu dulu pikiran gw waktu kecil. Tapi ternyata jadi guru ya sulit. Apalagi guru honorer..

Saat itu gw dah yakin lah pengen jadi guru. Gak mau ganti cita-cita. Karena gw pengen memberikan pendidikan terbaik untuk generasi berikutnya.

Lalu semua itu berubah setelah negara api menyerang...
Tepatnya, saat gw nonton film the Mummy.

Mummy??
Ngapa mumi? elu mw dimumifikasi?

Nooo...

Itu karena gw liat si Brendan Fraser yang pada waktu itu kece abis...

Kan? kan? keren abis kan waktu masih mudaa
Tapi bukan itu juga sih

Jadi karena waktu itu film ini nyeritain tentang gimana misteriusnya si Mumi sampai harus memecahkan kode dan misteri didalamnya.
Kemudian aksi dan cerita yang agak sedikit nyeleneh...

Dan disitulah gw berakhir sebagai pecinta sejarah.
Yep
History, sejarah, arkeologi, manusia purba (maybe), dinosaurs, zaman batu, dll.

Pernah gak sih kepikiran gimana para arkeolog nemuin fosil-fosil dan juga artefak yang terkubur di bawah tanah. Kemudian dari hasil itu mereka membuat suatu hipotesa dan merekonstruksi tentang rupa/bentuk manusia, hewan, dan juga peradaban manusia terdahulu.

Peradaban Mesir, Babylonia Kuno, Yunani, Mohenjo Daro, Harapa, Mesopotamia, Tiongkok, Eropa.

Itu semua bener-bener penemuan hebat. Dari situ gw yakin bahwa manusia zaman dahulu adalah manusia cerdas. Mereka menemukan hitung-hitungan fisika, matematika, penemuan mesin-mesin. Cikal bakal kehidupan modern manusia generasi sekarang.

And semua itu semakin membuat gw cinta banget sama sejarah setelah dua film terkeren ini gw tonton :



Yah walaupun ada lambang mata satunya. Tapi tetep aja konsep film ini tuh keren banget. Dan gw berharap sejarah Indonesia juga ada misterinya sehingga bisa menemukan harta karun kayak di film ini. hehehee

Setelah gw cari tahu, ternyata menjadi sarjana arkeologi itu susah. Cuma ada 2 PTN di bumi NKRI
ini yang membuka jurusan tersebut. Yaitu, UI dan UGM. Yang mana pula jurusan tersebut cuma bisa diakses lewat SBMPTN/SNMPTN yang mana juga perlu lulusan muda,  maksimal 3 tahun dari tahun kelulusan SMA. Which is not for me.

Karena dulu gw lulusan SMK jadi gw lebih mentingin dapet kerja dulu lah daripada ngejar buat masuk PTN. Eh ternyata malah keasyikan kerja dan lebih milih meneruskan pekerjaan yang ada.

Tapi walaupun begitu, semangat tak pernah padam buat mempelajari sejarah. Jalan-jalan ke museum atau membaca artikel di internet sambil mengerjakan tugas dan tanggungjawab yang sekarang diemban.

Pada akhirnya foto di bawah ini mengingatkan gw soal cita-cita yang terpendam itu :



Yaps...
Penggalian arkeologi di dekat pintu keluar stasiun kota untuk pembangunan MRT... Ah rasanya seperti kembali mengingat cita-cita itu. Lalu gw memfoto hal ini dan sedikit ngobrol dengan pekerjanya.

Walaupun gw gak bisa jadi arkeolog, tapi gw tetep pengen menjadi seorang yang setidaknya paham sejarah bangsa ini. Perjuangan para pahlawan bangsa dan pendiri negeri ini.


Sekian dulu ceritanya. Next time gw dongengin lagi soal sejarah. Wkwkwk


Wassalammualaikum wr.wb.

Peace be Upon you







rahmahnz

Emak-emak ingin berbagi tips dan cerita

No comments:

Post a Comment