Kenapa emak-emak harus kerja?

working mom


Kalau ditanya alesannya, jujur banyak.

  • Bantu suami nambah pemasukkan
  • Biar gak kekurangan
  • Memenuhi kebutuhan keluarga
  • Biar bisa tidur nyenyak dalam perut kenyang
  • Sehat walafiat dengan makanan gizi seimbang
  • Punya pemasukkan sendiri tentu saja

Tapi buat gw kerja juga salah satu jadi cara gw buat aktualisasi diri kalo gw ini masih seseorang. 

Iya bukan hanya seorang istri, atau ibu dari anak-anak. Tapi juga seorang gw yang punya pengetahuan ini itu dan bisa kerja ini itu selain ngurus keluarga.

ALASAN BERAT NINGGALIN RUMAH

Cuma dilema seorang ibu ya itu, meninggalkan keluarga untuk bekerja merupakan alasan yang agak berat juga.

Naluri keibuan yang bikin agak berat buat ninggalin anak yang lagi butuh-butuhnya kasih sayang tapi malah elu tinggal 10 jam sehari buat kerja. Hiks hiks

Tapi,

Apa cari kerja semudah itu buat kaum emak-emak di masa sekarang?

Belum lagi kalau udah lama lu nganggur, mana ada perusahaan yang mau nerima elu. Pasti banyak alesan ntar buat bolos. Ya anak sakit, ada kegiatan, piknik sekolah, dan lain sebagainya. Makin susah aja cari kerja.

Sebenernya...

Kalau buat emak-emak yang udah berpendidikan tinggi apalagi yang titelnya sarjana sih gampang aja ya buat mencari kerja. Walaupun katanya dibataasi oleh umur maksimal 25 tahun. Tapi tetap aja, kalau lu punya skill dan kuasa elu bisa menang. Awwkwkwk kayak pernah denger kata-kata ini ya.

Tapi percayalah, emang begitu dunia.

Nah sekarang life hacksnya apa kalau gak punya pendidikan tinggi. Apalagi cuma lulusan SMA/SMP doang??

DAGANG DI RUMAH

dagang di rumah
warung di rumah

Kalau ini sih udah umum ya, biasanya banyak yang buka dagangan di rumah. Soalnya selain cuma nungguin dagangan juga bisa nyambi jagain anak sama ngerjain kerjaan rumah.

Apalagi kalo lu jago masak. Beuh buka jualan makanan atau catering mah udah enak banget deh.

Cuma kalo buka warung sembako gitu ya harus ada modal yang lumayan. Mau dapet 50-100 ribu per hari, modal juga mesti gede buat kulakan, Belum lagi tuh warung abis buat jajan anak-anak sama kebutuhan dapur. 

Wkwkwwkkk harus sabar-sabar dan disiplin banget ini mah.


AFFILIATE MARKETING

tiktok-affiliate


Ya itu cara paling mudah tapi harus konsisten, karena ya kalau baru 1-2 bulan udah nyerah artinya perjuangan sia-sia.

Tapi ya memang gak semua orang punya bakat, waktu dan kekonsistenan tersebut. Soalnya gw sendiri juga gak sabar buat bikin-bikin konten affiliate. Apalagi kalau butuh duitnya cepet dan harus ada tiap bulan kayak orang gajian. Heeheee 


LAMAR KERJAAN DI PERUSAHAAN

Kerja dari 9-5, senin - sabtu, dan rela macet-macetan di jalan. Desek-desekkan di angkutan umum, dimarahin bos, ninggalin anak-anak di rumah.

Walaupun kenyataannya seperti itu, hidup kekurangan dan gak punya duit itu emang bikin kesel. Mau isi token listrik aja bingung, antara beli beras 2 pack apa isi token buat 2 minggu dan berasnya ecer aja?

Beliin anak kebutuhan sekolahnya juga kadang di entar-entarin karena kebagi buat beli sabun dan sembako yang pada abis di rumah.

Kesel kan???

Yak... ini adalah pembelaan gw kalau ada yang nanya kenapa gw harus kerja? Emang ga sayang anak? Kasian anak di rumah kekurangan kasih sayang.

Ah, kayak elu pada yang mau ngisiin token listrik gw kalo bunyi. Kayak elu pada mau jajanin anak gw kalo mereka pengen. Atau elu juga yang mau bayarin BPJS gw tiap bulan. Berisikk lah

Gw sih siap mengambil resiko itu daripada ngutang kesana kemari buat kebutuhan. Anak-anak juga bakalan sedih kalo misalnya dia denger dari temen-temennya kalau emaknya tukang ngutang ke tetangga.

Iya... lu bakalan bilang nanti kalo gede anak-anak pasti ngerti. Tapi, dari usia anak-anak hingga ke dewasa itu lama. Bakalan ada trauma masa kecil yang kebawa sampai dewasa. Dan banyak kan konten-konten di sosial media yang bilang kayak gitu.


KERJA DI ORANG/TETANGGA DEKET

Biasanya kerjaan-kerjaan domestik kayak cuci gosok, jadi ART, atau jagain anak.

Jadi tinggal nawarin jasa ke tetangga lu. Butuh tukang cuci gosok gak, ntar tinggal lu itung sesuai harga pasaran. Atau ART pulang pergi tinggal hitung gaji bulanannya.


FREELANCE 

Kalau mau freelance, biasanya harus ada keahlian. Kebanyakan sekarang tuh keahlian yang dibutuhkan adalah dalam dunia digital. Kayak digital marketing, IT, social media, dll.

Nah, buat dapet kerjaan kek gitu sih. Kita emang harus belajar dulu. Baik secara mandiri maupun ikut kursus.

Kalau sendiri ya kalian harus cari-cari materi sendiri di internet. Nyari bahan ajarnya, nonton video yutub dsb.

Kalau kursus mah enak lagi tinggal bayar terus dikasih bahan buat belajar. Entah itu berupa dokumen atau video.  Enaknya kursus, bisa nanya langsung sama gurunya atau temen. Jadi kagak ada tuh ngang ngong bingung. Wkkkwwk


Btw, kalau kalian tertarik belajar digital marketing buat Ibu Rumah Tangga, yuk belajar bareng-bareng. Kalian bisa ikut grup Telegram. Bayar seikhlasnya. Bantu-bantu dah buat beli token listrik sama wifinya.

Link Grup BELAJAR DIGITAL MARKETING BUAT IRT

Heheehe



PENUTUP

Yah..

Apapun itu emak-emak kerja di saat sekarang itu udah biasa. Dan dari zaman dulu juga para perempuan udah kerja buat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Karena kita wanita itu kuat dan hebat.

rahmahnz

Emak-emak ingin berbagi tips dan cerita

No comments:

Post a Comment